TIM STIKES DHARMA HUSADA BANDUNG MENGIKUTI WEST JAVA HERITAGE EXPEDITION 2014 BKSNT JABAR

TIM STIKES DHARMA HUSADA BANDUNG MENGIKUTI WEST JAVA HERITAGE EXPEDITION 2014 BKSNT JABAR

TIM STIKES DHARMA HUSADA BANDUNG MENGIKUTI WEST JAVA HERITAGE EXPEDITION 2014 BKSNT JABAR

Senin 02 Juni 2014, salah satu perwakilan staff dari STIKes Dharma Husada Bandung mengikuti undangan untuk menjadi Peserta West Java Heritage Expedition 2014 yang di adakan oleh Balai Purbakala Sejarah dan Nilai Tradisi (BKSNT) Jabar. Sebanyak 50 peserta dari berbagai kalangan mulai dari budayawan, sejarahwan, arkeolog, pegiat komunitas kreatif dan perwakilan dari ahli kesehatan dan lingkungan. Tim dari STIKes Dharma Husada Bandung bersama semua peserta melakukan kegiatan di titik-titik cagar budaya yang tersebar di sejumlah wilayah di Jawa Barat selatan selama kurang lebih satu minggu, 2-6 Juni 2014.
Dalam kegiatan ini tim perwakilan dari STIKes Dharma Husada Bandung di rekomendasikan untuk melakukan pengkajian tentang lingkungan dan hubungan ilmu kesehatan dengan sejarah dan kebudayaan dilihat dari aspek mitologi dan keberadaan artefak atau situs cagar budaya.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Nunung Sobari mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah mensosialisasikan potensi dan melestarikan cagar budaya, selain juga meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang cagar budaya. Juga memotret potensi budaya dan pariwisata yang bisa dikembangkan dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat Jabar. Panitia juga mengajak narasumber yang merupakan tenaga ahli yaitu Prof.Dr Agus Aris Munandar, dari Balai Arkeologi Jabar dan Balai Cagar Budaya Serang.

Rombongan dilepas secara resmi oleh Wakil Gubernur Jawa Barat yaitu Deddy Mizwar bersamaan dengan apel pagi semua pejabat provinsi Jabar di Halaman Gedung Sate. beliau mengatakan bahwa pelestarian dan pemanfaatan cagar budaya purbakala sangat perlu diperhatikan. Salah satunya dengan cara mendata ulang aset lokal tersebut. Begitupun di daerah Jabar. Apabila dikembangkan akan menjadi aset kepentingan nasional dan sumber ilmu pengetahuan bagi tiap generasi.

Kemudian setelah resmi dilepas oleh Wakil Gubernur, Jabar rombongan peserta West Java Heritage Expedition BKSNT 2014 melanjutkan perjalanan dengan Rute diantaranya Kota Bandung-Candi Cangkuang (Garut)-Situs Astana Gede Panjalu (Ciamis)-Situs Astana Gede Kawali (Ciamis)-Jembatan Cirahong (Tasikmalaya)-Gua Pamijahan (Tasikmalaya)-Ranca Buaya (Garut)-Rumah Adat Cikondang (Bandung). Mereka juga melakukan ekskavasi penyelamatan dan konservasi di Candi Cangkuang, kemah budaya di lokasi cagar budaya, workshop, dan pembentukan masyarakat cagar budaya.

TIM STIKES DHARMA HUSADA BANDUNG MENGIKUTI WEST JAVA HERITAGE EXPEDITION 2014 BKSNT JABAR

Biografi Penulis

Berikan Komentar