TALKSHOW SINEMATOGRAFI ARTERI PERS KAMPUS

TALKSHOW SINEMATOGRAFI ARTERI PERS KAMPUS

ARTERI Pers kampus STIKes DHB adakan Talkshow interatif tentang Cinematografi dalam tema “Every Body Can Make Movie”, Minggu (03/11/2013) di Gedung B1-B3, STIKes Dharma Husada Bandung.

Dalam kegiatan tersebut, Panitia menghadirkan pembicara yaitu Hernaedy Sidarta aktivis dari komunitas BIDIK yang hadir dengan beberapa rekannya dari komunitas yang sama. Menurut Hernaedy,  Cinematografi adalah gabungan Fotografi dengan teknik perangkaian gambar atau dalam Sinematografi disebut muntase atau montage.  Cinematografi memiliki objek yang sama dengan Fotografi, yakni menangkap cahaya yang mengenai benda karena objeknya sama maka peralatannya pun mirip. Perbedaannya, fotografi menangkap gambar tunggal, sedangkan sinematografi memanfaatkan rangkaian gambar.

Lebih lanjut Hernaedy mengatakan bahwa sinematografi tidak hanya melihat melalui kamera dan mengambil gambar. Namun tentu saja memerlukan mata yang tajam dan imajinasi yang kreatif. Sehingga memerlukan pengetahuan fisika dan kimia, persepsi sensor yang tepat dan tetap fokus.

Talkshow yang dilakukan sekitar 2 jam ini mendapat respon yang sangat baik dari peserta talkshow. Hal ini terlihat saat Hernaedy mengadakan sesi tanya jawab, banyak peserta yang ingin bertanya.

banyak peserta bertanya bagaimana trik untuk pembuatan film indie. Hampir sebagian peserta memanfaatkan moment tersebut untuk bertanya semua hal tentang film.

Ketua pelaksana dalam kegiatan ini,  Nisa Nurin Zanati menjelaskan Tujuan acara ini untuk menggali animo mahasiswa terhadap perfilman, dimana hal ini dimaksudkan sebagai sarana informasi dan mengasah kreatifitas. Acara ini juga tidak hanya menghadirkan talkshow tetapi juga pemutaran film pendek karya mahasiswa S 1 Keperawatan yang bejudul “Jiwa”. 

TALKSHOW SINEMATOGRAFI ARTERI PERS KAMPUS

Biografi Penulis

Berikan Komentar