STUDI BANDING MAGISTER SAINS TERAPAN UNDIP KE STIKES DHB

STUDI BANDING MAGISTER SAINS TERAPAN UNDIP KE STIKES DHB

Senin, 25 Februari 2013 Bertempat di LAB Maternitas STIKes DHB STIKes DHB mendapat Kunjungan dari mahasiswa Magister Sains Terapan Kebidanan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, yang berjumlah sekitar 54 orang.

Sebelumnya rombongan mahasiswa dari UNDIP ini mengunjungi  Rumah Sakit Holistik di Purwakarta, sebagai pengenalan pelayanan kesehatan dengan metode Holistik Care. setelah itu agenda diteruskan dengan kunjungan ke STIKes DHB dan diterima langsung oleh Dr. Hj. Suryani Soepardan dra., MM. Selaku ketua STIKes Dharma Husada Bandung dan sekaligus juga Dosen pengajar Holistik di UNDIP.

Dalam kunjungan tersebut semua peserta mendapatkan pemahaman tentang peran pelayanan pendidikan kesehatan dalam penerapan Holistik, peserta juga dikenalkan dengan kolaborasi pendidikan  kesehatan dengan pelayanan yang mengedepankan Spiritual sebagai salah satu metode pelayanan Holistik yang dipandu oleh Ketua Pembina Yayasan Pelita Dwiputra Husada (YPDH). Yaitu yayasan yang menaungi STIKes Dharma Husada Bandung.

Peserta juga diperkenalkan dengan prinsip 3H yang diusung oleh STIKes DHB, yaitu Head Hand dan Heart yang merupakan pemaknaan dari empat dimensi manusia yaitu: Fisik, mental, Sosial, dan Spiritual. Yang sudah diterapkan kepada seluruh Staff dan mahasiswa STIKes DHB agar dalam melakukan pelayanan terhadap pasien dalam dunia kerja nanti mengedepankan nilai spiritual dengan menjunjung kesadaran, kebebasan, tanggung jawab, ditunjang kualitas insani, yaitu hati nurani, kreativitas, Cinta Kasih, Aktualisasi diri, dan memberikan kesediaan tanpa pamrih.

Selanjutnya pada akhir sesi, Bpk. Yusuf Haryasa menyampaikan bahwa Indonesia masih gagal menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi dikarekan masih rendahnya kecerdasan spiritual yang terintegrasi dari kecerdasan Intelektual (IQ) dan Kecerdasan Emosional (EQ) yang menghasilkan arti (meaning) dan nilai (Value).

STUDI BANDING MAGISTER SAINS TERAPAN UNDIP KE STIKES DHB

Biografi Penulis

Berikan Komentar