PESERTA ABDI MUDA RESMI DIBERANGKATKAN KE DAERAH

PESERTA ABDI MUDA RESMI DIBERANGKATKAN KE DAERAH

PESERTA ABDI MUDA RESMI DIBERANGKATKAN KE DAERAH

Udara sejuk dan pohon-pohon menjulang hijau mewarnai keindahan Kampung Palintang yang berada di Gunung Palasari. Embun pagi terbentang menyelimuti Kampung Palintang, Desa Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Dengan mengambil Akses melalui Ujung Berung, Jarak tempuh dari STIKes DHB ke kampung Palintang memakan waktu sekitar satu sampai dua jam jika menggunakan kendaraan.

Jumat (09/08/11). Gerakan DHB Berbuat resmi memberangkatkan 8 peserta Abdi Muda untuk berpartisipasi dalam Inisiator kegiatan masyarakat selama dua minggu di kampung Palintang. Para Abdi Muda akan menjalani test uji coba pertama di sana sebelum nanti satu tahun akan diterjunkan bertugas di pelosok Indonesia. Setibanya didaerah penempatan, para peserta Abdi muda langsung disambut dengan baik oleh tokoh masyarakat palintang yang rencanaya akan bertugas untuk melakukan pendampingan program kegiatan masyarakat yang belum berjalan didaerah tersebut.

Gerakan DHB Berbuat merupakan upaya untuk memperbaiki kualitas Pemberdayaan Masyarakat di berbagai pelosok tanah air terutama di daerah-daerah terpencil dengan menempatkan para kader muda berkualitas yang melalui proses seleksi dan pembekalan pelatihan melalui Program yang dinamakan Intensif Training Abdi Muda (ITL Abdi Muda 2012) selama 4 bulan dan akan berlanjut dengan pendampingan hingga 2 tahun kedepan sampai mereka lulus Kuliah dan siap mengabdi di pelosok Indonesia.

Selain materi tentang kemasyarakatan, para Abdi Muda diberi juga pembekalan materi leadership, tanggap bencana, Public Speaking, Jurnalistik, Microteaching, dan Survival yang bertujuan pembiasaan  bertahan hidup dalam keterbatasan, seperti makanan, Sinyal, listrik, fisik dan mental Yang sudah dilakukan digunung manglayang. Pelatihan tersebut dilakukan dengan melibatkan banyak pihak yang ahli sesuai dengan bidangnya termasuk diberikan kesempatan untuk bertemu beberapa tokoh nasional yang sudah banyak melakukan kotribusi nyata bagi masyarakat sebagai motivasi bagi para peserta Abdi Muda.

Rendahnya kualitas masyarakat terutama dalam bidang kesehatan menjadi salah satu kendala utama dalam meningkatkan kualitas kesehatan di pelosok-pelosok daerah. Berangkat dari permasalahan inilah mendorong gerakan DHB berbuat untuk berinisiatif membuat program Abdi Muda.

Peserta Abdi Muda yang terpilih merupakan mahasiswa dengan memiliki jiwa kepemimpinan, generasi muda yang bersedia untuk dapat berbakti pada bangsanya, bersemangat untuk mengabdi selama dua minggu di daerah sebagai uji coba tahap pertama, dan mau ditempatkan ke pelosok selama setahun setelah lulus kuliah di pelosok tanah air sebagai petugas pelayanan kesehatan. program ini juga bertujuan sebagai pengkaderan para pemimpin-pemimpin masa depan Indonesia khususnya dalam bidang kesehatan yang memiliki jiwa jujur, ikhlas, dan berani berkontribusi dalam melayani masyarakat tanpa pamrih. 

PESERTA ABDI MUDA RESMI DIBERANGKATKAN KE DAERAH

Biografi Penulis

Achmad "Midas" Mundayat

Achmad "Midas" Mundayat

NIP
:
2.09.01.015
email
:
zibril_ahmed@yahoo.com

Berikan Komentar