PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH KEBIDANAN STIKes DHB

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH KEBIDANAN STIKes DHB

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH KEBIDANAN STIKes DHB

05 Maret 2012, Senin pagi yang cerahmenyaksikan puluhan orang berkumpul di Kampus STIKes Dharma Husada Bandung,tidak lain mereka adalah Mahasiswa D 3 Kebidanan Tingkat III/Akhir STIKesDharma Husada Bandung yang akan melakukan kegiatan praktek Komunitas di DesaMekarmanik Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung mulai tanggal 5 Maret s.d. 17Maret 2012.

Kegiatan ini tidak sebagai salah satukewajiban akademik yang harus ditempuh oleh mahasiswa kebidanan padakhususnnya, namun juga kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk upaya STIKesDharma Husada Bandung melakukan pengabdian kepada masyarakat serta pemberdayaanmasyarakat.

Mahasiswa yang ditugaskan pada praktekkali ini tidak hanya dibekali skill namun juga attitude, mereka juga tidak hanya dibebani target praktek dari matakuliah yang bersangkutan saja, namun juga mereka dituntut dan beri amanah untukmemberikan semaksimal mungkin pengabdian kepada masyarakat baik itu dalambentuk pemberdayaan masyarakat dan juga kegiatan lainnya yang sifatnya membantudan mengembangkan potensi masyarakat setempat.

Dari tahun ke tahun praktek kebidanankomunitas ini bisa dibilang berpindah-pindah, ini disebabkan besarnya visi danmisi institusi STIKes Dharma Husada Bandung dalam melakukan pengabdian kepadamasyarakat dengan pemberdayaan masyarakat, jika melihat kebelakang sudahbeberapa wilayah baik itu disekitar Bandung atau diluar Bandung yang sudahmenjadi tempat praktek mahasiswa Kebidanan Komunitas, dan Alhamdulillah setelahdievaluasi banyak sekali manfaat dan keberhasilan yang dicapai baik olehmahasiswa itu sendiri atau masyarakat sebagai target dari pemberdayaan.

Target wilayah menjadi sasaran kebidananKomunitas memang merupakan daerah yang mempunyai kendala dalam pengembanganterutama optimalisasi pelayanan kesehatan pada khususnya, mulai dari kaderkesehatan tidak optimal, pencapaian KB yang belum maksimal serta sarana danprasarana penunjang pelayanan kesehatan yang kurang memadai. Namun padaperjalanannya semua permasalahan tersebut dapat diatasi oleh mahasiswa yangpraktek.

Kebermanfaatan bagi sesama itulah yangmenjadi target dan pencapaian mahasiswa STIKes Dharma Husada Bandung, dimanasebelum mereka luluspun mereka dapat memberikan kebermanfaatan bagi masyarakatbanyak, baik itu dalam pemikiran atau dalam bentuk tindakan nyata. Karenasesungguhnya itulah fitrah manusia, yaitu memberikan kebermanfaatan bagi semuamanusia dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab yang dilandasikeilmuan yang kompeten.

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH KEBIDANAN STIKes DHB

Biografi Penulis

Achmad "Midas" Mundayat

Achmad "Midas" Mundayat

NIP
:
2.09.01.015
email
:
zibril_ahmed@yahoo.com

Berikan Komentar