Kuliah Pakar “Bio Etik”

Kuliah Pakar “Bio Etik”

Kuliah Pakar “Bio Etik”

Sesuai dengan kalender akademik STIKes Dharma Husada Bandung pada bulan februari merupakan bulan pelaksanaan ujian akhir semester dan pergantian semester, dari ganjil ke genap. Maka tidak heran jika setelah melaksanakan ujian akhir semester sambil menunggu hasil nilai serta melakukan proses registrasi, banyak bahkan sebagian besar mahasiswa yang pulang kampung atau mudik ke kampung halaman, otomatis kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler kemahasiswaan tidak sepadat pada bulan biasanya, namun walaupun demikian kegiatan setiap minggu pasti ada, walaupun dengan skala yang lebih kecil, mulai dari rapat koordinasi, evaluasi serta berbagai kegiatan lainnya.

Ibu Ketua Mengikuti Pemaparan dari Narasumber

Ibu Ketua Mengikuti Pemaparan dari Narasumber

Jika pada bulan-bulan yang lalu setiap sabtu dan minggu selalu padat dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan, namun sabtu, 17 Februari 2013 ada yang berbeda dari hari biasa, yaitu diadakannya kuliah pakar tentang “Bio Etik”  oleh Dr. CB Kusmaryanto, SCJ yang diikuti oleh kurang lebih sekitar 300 orang mahasiswa, mulai dari pukul 08.00 s.d 13.00 WIB kegiatan sendiri merupakan salah satu program dari STIKes Dharma Husada Bandung dalam upaya meningkatkan kualitas kelimuan Sumber Daya Manusia di STIKes Dharma Husada, kegiatan ini sendiri mengupas tentang berbagai peluang dan tantangan serta peranan tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Pada kesempatan tesrsebut ketua STIKes Dharma Husada Bandung Dr. Hj. Suryani Soepardan, Dra.,MM menyampaikan beberapa poin penting tentang pentingnya kita dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dengana mengedepankan etika, terutama sekali khusus bagi lulusan STIKes Dharma Husada Bandung harus mempunyai ke khasan  dalam memberikan pelayanan yaitu berbasis 3H Principle (Head, Hand and Heart), karena pada perkembangan pelayanan kesehatan dewasa ini pelayanan kesehatan tidak hanya bagi orang sakit namun juga orang sehat banyak yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Sementara pembicara utama Dr. CB Kusmaryanto, SCJ yang juga merupakan dosen fakultas kedokteran di UGM dan UI dalam pemaparannya beliau menyampaikan tentang pentingnya pemahaman tugas dan fungsi serta tanggung jawab tenaga kesehatan sebaga pelaksana pelayanan kesehatan, dalam upaya menghindari kesalahan prosedur pelayanan kesehatan atau malpraktek, yang sekarang ini marak menjadi perbincangan masyarakat.  Kusmaryanto menyampaikan bahwa tenaga kesehatan harus sangat mengerti dan faham tentang pentingnya perlindungan tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, namun dengan tidak mengurangi pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Peserta Kuliah Pakar

Peserta Kuliah Pakar

Akhir sesi kegiatan, diisi dengan sesi Tanya jawab dari peserta kegiatan. Banyak sekali peserta yang menanyakan tentang peran pelaksanaan pelayanan kesehatan dipandang dari sudut etik serta hukum yang berlaku, dengan sangat lugas dan tegas serta jelas pembicara dengan gambling menjelasakan berbagai fenomena dan dinamika seputar pelayanan kesehatan dewasa ini.

Selanjutnya kegiatan diakhiri dengan doa bersama…

Kuliah Pakar “Bio Etik”

Biografi Penulis

Achmad "Midas" Mundayat

Achmad "Midas" Mundayat

NIP
:
2.09.01.015
email
:
zibril_ahmed@yahoo.com

Berikan Komentar