KALEIDOSKOP ORMAWA STIKES DHB 2015

KALEIDOSKOP ORMAWA STIKES DHB 2015

KALEIDOSKOP ORMAWA STIKES DHB 2015

Waktu memang tidak bisa berhenti untuk terus berjalan, tak terasa hari berganti hari dan bulan berganti bulan begitupun seterusnya. Tak terasa tahun 2015 sudah berlalu dan sekarang memasuki tahun 2016. Perjalanan hidup memang berputar seperti putaran roda pedati, kadang sulit, kadang mudah, kadang sukses, kadang gagal.

Berkaca pada tahun 2015 tentunya sudah banyak momen penting yang dilewati terutama yang sudah dilakukan oleh Kemahasiswaan STIKes Dharma Husada Bandung dalam upaya pengembangan potensi dan softskill mahasiswa khususnya dalam pembinaan organisasi mahasiswa yang bernaung di Keluarga Mahasiswa BEM KM STIKes Dharma Husada Bandung.

Dengan berbekal komitmen yang kuat, pada periode 2015 BEM KM bersama Organisasi Mahasiswa di bawahnya mempunyai visi yang di sepakati dalam musyawarah besar yaitu “menjadikan KM STIKes Dharma Husada Bandung yang kompeten, aspiratif, bermanfaat dan menjunjung tinggi 3 H Princilples tahun 2015” tercapai dengan hasil yang maksimal, tentunya hal ini diperoleh dengan usaha dan kegigihan semua elemen mulai dari kemahasiswaan dan semua organisasi mahasiswa STIKes Dharma Husada Bandung.

Berikut rekam jejak kegiatan organisasi kemahasiswaan STIKes DHB di Tahun 2015:

Dimulai dari penyelenggaraan musyawarah besar dan pemilu raya sampai terpilihnya Reza Nugraha sebagai presiden mahasiswa untuk periode 2015-2016 perubahan arah gerak organisasi mahasiswa mulai terlihat berbeda, penyusunan langkah-langkah kebijakan keorganisasian yang lebih visioner membuat perkembangan kegiatan keorganisasian berkembang pesat. Dimulai dari masa bimbingan mahasiswa baru atau lebih dikenal MABIM dengan mengusung konsep community development yang menekankan kegiatan pengabdian masyarakat dan kekaryaan yang jauh dari kesan perpeloncoan karena masa bimbingan mahasiswa baru merupakan gerbang awal untuk mengenal lebih dalam mengenai ruang lingkup dunia kampus dan kegiatan kemahasiswaan sehingga bisa menghasilkan generasi baru yang lebih unggul dan mempunyai jiwa kreatif dan empati.

Kemudian BEM juga mulai melakukan pembinaan yang lebih terkoordinasi  seperti yang sudah dilakukan melalui proker pembinaan terhadap lembaga swadaya mahasiswa (LSM) yang bertujuan membina kader LSM untuk lebih terampil dalam keorganisasian.

Selanjutnya kegiatan penyelengaraan Ormawa Expo yang menjadi media untuk merperkenalkan semua organisasi yang ada di kampus DHB kepada mahasiswa baru telah memicu jumlah tingkat keaktifan mahasiswa. BEM KM juga melakukan sebuah terobosan baru di level provinsi, jika tahun sebelumnya hanya terfokus pada seminar Se-Jawa Barat. Kali ini BEM DHB mengadakan  pertemuan BEM Kesehatan Se-Jawa Barat yang di koordinir langsung oleh Departemen Luar Negeri BEM DHB yang membuat BEM DHB menjadi role model bagi semua BEM yang ada di Jawa Barat Khususnya Se-Bandung Raya.

Program Kerja lain yang sudah di Selenggarakan BEM DHB yaitu, Jalan Sehat Se-Antapani, PORSENI Se-Bandung Raya dan Cimahi, Baksos Akbar, dan Penyelenggaraan Duta Kampus untuk pertamakalinya di DHB yang bekerjasama dengan LSM PIKMA DHB.

Untuk organisasi tingkat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), banyak juga prestasi yang sudah di capai melalui program kerja unggulannya. UKM TIMKes sebagai UKM paling lama di DHB selalu berkomitmen untuk menjadikan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai program utamanya seperti Posko Lebaran yang rutin dilakukan sepanjang bulan ramadhan sampai Idul Fitri bertempat di 8 titik rawan kecelakaan jalur mudik Jawa Barat. kemudian kegiatan lainnya yaitu pengukuhan anggota baru, Bakti sosial, dan Anniversary TIMKes.

Sementara dalam bidang kerohanian, UKM Ikatan Generasi Islam sudah menyelenggarakan kegiatan Seminar Se-Bandung Raya, Peringatan Hari Besar Islam, Mengkoordinir Kegiatan Qurban, dan Pengajian Rutin Seminggu sekali bagi seluruh mahasiswa sebagai upaya meningkatkan kegiatan spiritualitas dilingkungan kampus yang  bekerjasama langsung dengan Kemahasiswaan DHB.

Kemudian dalam bidang media dan informasi mahasiswa, UKM ARTERI selalu menjadi jembatan informasi kegiatan yang sering terselenggara di kampus salah satunya dengan menyelenggarakan Seminar Sinematografi dan terbitan informasi melalui media kampus.

Untuk kegiatan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), HMPS D3 Refraksi Optisi berhasil menyelenggarakan Seminar Nasional dalam rangka memperingati World Sight Day yang diikuti oleh HMPS Kesehatan Masyarakat yang mengadakan Seminar Nasional yang mengangkat isu mengenai angka kematian ibu dan anak. Selanjutnya di level provinsi HIMA Keperawatan mengadakan kegiatan pertandingan Futsal antar institusi kesehatan keperawatan Se-Jawa Barat dan HMPS Kebidanan mengadakan Pekan Olahraga dan Seni antar institusi Kebidanan Se-Jawa Barat.

Organisasi Lembaga Swadaya Mahasiswa (LSM) tak kalah bersaing dengan Organisasi lainnya meskipun sebagai organisasi pelengkap banyak juga kegiatan yang sudah dilakukan diantaranya LSM Kader Anti Narkoba (KAN) yang berturut-turut mendapatkan penghargaan dari BNNP Jawa Barat sebagai organisasi paling aktif dan KAN juga sudah meresmikan Desa Binaan P4GN di Kec. Ciumbuleuit. Kemudian LSM PIKMA unjuk gigi dalam jambore PIKMA Se-Jawa Barat dan kegiatan Duta Genre Mahasiswa DHB selanjutnya LSM Mapala DHB’Venture melanjutkan Ekspedisi Pendakian 99 Puncak Gunung di Indonesia dan mendapatkan juara lomba Karya tulis ilmiah tentang lingkungan hidup yang diadakan oleh PAL Unpad.

Itulah rekam jejak yang sudah tercapai di tahun 2015 oleh BEM, UKM, HMPS, dan LSM STIKes Dharma Husada Bandung. Dalam memasuki tahun 2016 tentunya seluruh elemen keorganisasian yang berkoordinasi dengan kemahasiswaan akan terus mengutkan komitmennya untuk terus berkarya positif sehingga menjadikan kampus STIKes DHB menjadi kampus yang unggul dan mampu berkarya serta memiliki kontribusi positif untuk masyarakat sekitar melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi mahasiswa.

KALEIDOSKOP ORMAWA STIKES DHB 2015

Biografi Penulis

Berikan Komentar