KALEIDOSKOP KEMAHASISWAAN 2012

KALEIDOSKOP KEMAHASISWAAN 2012

KALEIDOSKOP KEMAHASISWAAN 2012

Tidak terasa waktu bergulir, hari berganti dan sekarang sudah menginjak tahun 2013. Untuk kembali mengevaluasi dan meningkatkan kinerja kegiatan kemahasiswaan dalam upaya meningkatkan soft skill mahasiswa sebagai salah satu bagian terpenting dalam pengembangan seluruh potensi mahasiswa dalam menuntut ilmu di STIKes Dharma Husada Bandung, jika bicara kegiatan kemahasiswaan maka yang akan menjadi sumbu dan motor dari kegiatan adalah organisasi kemahasiswaan yang ada di STIKes Dharma Husada Bandung yaitu Keluarga Mahasiswa BEM KM STIKes Dharma Husada Bandung.
Tiga tahun terakhir ini BEM KM STIKes Dharma Husada Bandung yang membawahi seluruh organisasi yang ada di lingkungan STIKes Dharma Husada Bandung mengalami perkembangan yang sangat pesat dan signifikan, ini tercermin dari kegiatan-kegiatan yang hampir ada di setiap akhir pekan, bahkan satu tahun terakhir ini bahkan harus berebut dan dijadwal secara ketat untuk melaksanakan kegiatan organisasi.
Menutup tahun 2012 dan mengawali tahun 2013 ini, kita coba flash back kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selama tahun 2012 ini, tentunya ini hanya berkisar pada kegiatan-kegiatan besar yang dilakukan dalam lingkup yang besar dan tentunya kilasan ini hanya akan mengulas kegiatan-kegiatan yang merupakan terobosan yang dilakukan oleh segenap elemen yang melakukan kegiatan di lingkungan kampus STIKes Dharma Husada Bandung.
Awal tahun 2012 yaitu bulan januari, kemahasiswaan bekerjasama dengan BEM KM STIKes Dharma Husada Bandung melakukan kegiatan seminar yang menghadirkan salah satu ahli di bidang pengembangan kemahasiswaan yaitu dr. Med. Setiawan dari UNPAD, dengan mengusung tema “Sinergisitas Kemahasiswaan dan Akademik” kegiatan ini bertujuan untuk mengarahkan agar mahasiswa mampu mengatur/me manage antara kegiatan organisasi dengan akademik karena sesungguhnya dua hal tersebut tidak bisa dipisahkan, jika dianalogikan Akademik sebagai kuncinya dan Organisasi sebagai Mobilnya yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan. Masih di bulan Januari organisasi sosial kemahasiswaan yang baru terbentuk yaitu PROKSIMA melakukan kegiatan dan sosialisasi secara simultan ke SMA dengan melakukan sosialisasi kesehatan reproduksi untuk remaja.
Bulan Februari yang dihiasi dengan kegiatan-kegiatan yang lebih variatif, diantaranya ada kegiatan cerdas-cermat yang diselenggaran oleh himpunan kebidanan dan berlangsung sangat meriah. Seolah tidak mau kalah masih dibulan yang sama himpunan mahasiswa Refraksi Optisi melakukan kegiatan yang jauh lebih besar yaitu dengan melakukan kegiatan lomba Persentasi dan desain Poster dengan tema kesehatan setingkat SMA Se-Bandung Raya dan Cimahi dan luar biasa kegiatan ini pun mendapat apresiasi yang sangat baik. Selanjutnya adalah kegiatan yang digagas oleh kemahasiswaan STIKes Dharma Husada Bandung, kegiatan ini merupakan pemantapan dari kuliah soft skill yaitu pelatihan pelatihan public speaking session 2. Acara yang paling besar kemudian di bulan Februari ini adalah seminar kegawat daruratan yang diusung oleh UKM Tim Kesehatan STIKes Dharma Husada Bandung dengan menghadirkan salah satu orang penting di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat yaitu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.
Seolah saling sambut dan ingin membuktikan kemampuan masing-masing, bulan maret menjadi salah satu bulan yang mengesankan, tidak lain ini dengan keberhasilan kepanitian seminar menyelenggarakan kegiatan seminar yang berbeda dari yang lalu, yaitu kegiatan seminar yang mengangkat isu tentang kesehatan reproduksi dan pandangan agama dengan menghadirkan salah satu praktisi kesehatan reproduksi yang juga artis sehingga menambah daya jual kegiatan tersebut yaitu dr Boyke Dian Nugraha, Sp.OG.,MARS. Masih di bulan maret, ini menjadi tonggak sejarah STIKes Dharma Husada Bandung menjadi salah satu motor dalam pembangunan sumber daya kesehatan yaitu dengan terpilihnya salah satu mahasiswa mengikuti lomba menjadi Duta KKB Jawa Barat.
April, menjadi sebuah sejarah bagi STIKes Dharma Husada Bandung dalam mengembangkan sumber daya manusia, yaitu dengan lahirnya “Abdi Muda” yang termasuk dalam program DHB Berbuat. Program ini merupakan salah satu program akselerasi dalam pembangunan sumber daya manusia yaitu dengan melakukan seleksi kepada mahasiswa untuk selanjutnya melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam program Desa Binaan, dimana fokus Abdi Muda yaitu pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, bahkan lebih jauh program ini juga merekrut lulusan untuk selanjutnya ditempatkan di Desa Binaan untuk melakukan tugas dan fungsi dalam pengabdian dan pengembangan masyarakat terpencil. Di bulan April juga, BEM KM STIKes Dharma Husada Bandung melakukan kegiatan pelatihan Hypnoteraphy untuk mahasiswa.
Bulan Mei tidak kalah sibuknya dengan kegiatan, diantaranya ada kegiatan DHB Super League yang mempertandingkan cabang olah raga futsal baik putra atau putri di lingkungan kampus STIKes Dharma Husada Bandung, selanjutnya ada Anniversary BEM ke 6 yang penuh dan sarat dengan makna akan sebuah pengabdian dan totalitas, dan di bulan ini di akhiri dengan lengsernya kepengurusan BEM 2011/2012.
Juni, tidak kalah menarik ditengah sibuknya kegiatan pemilu raya untuk memilih Presiden Mahasiswa BEM KM STIKes Dharma Husada Bandung, kemahasiswaan melaksanakan kegiatan yang merupakan penanda kegiatan kuliah soft skill berakhir dan ini juga merupakan evaluasi terakhir dari keberhasil kuliah soft skill yaitu dengan menyelenggarakan Euforia Fest 2012, selanjutnya di bulan juni ini dilaksanakan Leadership Talks yang menghadirkan tokoh-tokoh muda inspiratif. Sejarah juga tercatat di bulan ini, yaitu dengan lahirnya Kader Anti Narkoba STIKes Dharma Husada Bandung serta terpilihnya STIKes Dharma Husada Bandung menjadi salah satu Fasilitator HIV/AIDS.
Juli, menjadi bulan yang bersejarah bagi penghuni Puri Dharma Husada Bandung, ini dikarenakan bulan ini menjadi bulan terakhir dari pembinaan di Puri dengan ditandai acara dengan tema “Gupay Tineung Puri” yang dilaksanakan sangat meriah, bahkan laiknya pelaksanaan kegiatan wisuda. Selanjutnya ada kegiatan Lomba Kaya Tulis Mahasiswa di lingkungan kampus STIKes Dharma Husada Bandung.
Agustus, ini menjadi bulannya berbagi karena merupakan bulan mulia bagi umat muslim di seluruh dunia, tidak heran jika UKM dan himpuna melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan spiritual, diantaranya saja adalah buka bersama, ta’lim/pengajian dan yang paling menonjol tentunya Posko Lebaran oleh Tim Kesehatan. Agustus juga menjadi momentum bagi DHB untuk membuktikan komitmennya dalam pelayanan kepada para mahasiswa yaitu dengan mengirimkan salah satu perwakilannya untuk bertemu dengan orang tua mahasiswa di Kalimantan (Kalimantan merupakan salah satu daerah dengan jumlah mahasiswa paling banyak yang kuliah di STIKes DHB yang berasal dari luar Pulau Jawa)
September, hanya fokus pada satu kegiatan yaitu kegiatan penerimaan mahasiswa baru, mengingat adanya perubahan konsep kegiatan sehingga hampir satu bulan penuh pelaksanaan kegiatan penerimaan mahasiswa baru (Masa Bimbingan Mahasiswa Baru) yang dilaksanakan oleh Kepanitian yang dibentuk oleh BEM KM STIKes Dharma Husada Bandung.
Oktober, masih diwarnai dengan kegiatan masa bimbingan yang dilaksanakan oleh himpunan mahasiswa program studi, diluar kegiatan tersebut UKM Arteri Pers Kampus melaksanakan Seminar Jurnalistik Digital dengan menghadirkan salah satur wartawan dan penulis muda yang kompeten. Setelahnya ada kegiatan Sosialisasi Thalasemia, kegiatan ini sendiri merupakan bentuk komitmen Dharma Husada Bandung dalam pencegahan penyakit Thalasemia di Indonesia.
November, menjadi bulan yang sangat mengesankan, banyak kegiatan besar yang tentunya berkontribusi nyata pada pengembangan STIKes Dharma Husada, diantaranya saja dilakukan Talkshow Maind Body Connection dengan menghadirkan Menteri Kesehatan, ada juga Talkshow dengan tema “Pemuda Peduli Bangsa” serta kegiatan yang merupakan langkah nyata pengembangan Dharma Husada yaitu dengan mulai rintisan kerjasama STIKes DHB dengan Universitas di luar negeri khususnya di Fhilippina yang di inisiasi oleh Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Fhilippina.
Desember, menjadi bulan penutup akhir tahun yang manis dan tidak kalah mengesankan dari bulan-bulan sebelumnya. Di awali dengan Penempatan Abdi Muda di Palintang pada Program DHB Berbuat selama satu tahun, kemudian dilanjutkan lahirnya Kader Anti Korupsi DHB yang bertepatan dengan peringatan hari anti korupsi se-Dunia. Selanjutnya yang paling mengesankan adalah prestasi yang diraih tim olah raga, yaitu dengan menjuarai kejuaran regional Jawa Barat yaitu Juara “Salvation” UNJANI serta STFB CUP 2012, selain itu BEM KM STIKes DHB melaksanakan Pekan Olah Raga DHB dan lagi-lagi DHB sebagai tuan rumah mampu menjadi Juara I pada semua cabang olah raga yang dipertandingkan. Menutup semua rangkaian kegiatan, UKM telah merampungkan semua kegiatan rekruitmen dengan melaksanakan Pelantikan dan LDKO anggota baru masing-masing UKM.
OPTIMIS 2013..

KALEIDOSKOP KEMAHASISWAAN 2012

Biografi Penulis

Achmad "Midas" Mundayat

Achmad "Midas" Mundayat

NIP
:
2.09.01.015
email
:
zibril_ahmed@yahoo.com

Berikan Komentar