JUARA PUISI DAN CERPEN HARI AIDS SEDUNIA 2011 KEMAHASISWAAN STIKES DHB

JUARA PUISI DAN CERPEN HARI AIDS SEDUNIA 2011 KEMAHASISWAAN STIKES DHB

JUARA PUISI DAN CERPEN HARI AIDS SEDUNIA 2011 KEMAHASISWAAN STIKES DHB

 

1. “Best Friends“

 

“Geby
wulandari wildani“ aku biasa memanggil sahabatku ini dengan pangilan ‘beby’
atau ‘beb‘ , wildani merupakan marga dari ayah nya, aku dan beby sudah
bersahabat sejak kelas 1 smp di harapan bangsa cianjur, beby termasuk orang
yang berpunya dibandingkan aku,maka tidak heran kalo dia selalu up to date
dalam segala hal apapun mulai dari rambut sampai kaki. karena keanggunan dan
keecantikannya teman-temnku di kampus memanggil dia dengan pnggilan “putri” banyak
cowok-cowok yang mengejar-ngejar hanya untuk mendapatkan cinta beby, tapi tidak
pernah ada yang bisa meluluhkan hatinya. ya itulah ‘beby’ cantik, kaya, pintar
tapi itu tidak membuatnya merasa puas. di dalam hatinya hampa, kosong karena
beby tumbuh dengan harta bukan dengan kasih sayang dari orang tuanya karena
kesibukan kedua orang tuanya beby dibesarkan oleh bebysiter nya, ayah beby
bekerja di perusahaan ternama di kota kami dia sebagai direktur utama di
perusahaannya sedangkan ibunya bekerja mengelola butik sekaligus sebagai
perancang desain baju yang terbaik dan termahal di Indonesia, karyanya sudah
sampai keluar negeri. maka tidak heran kalo kesibukan orang tuanya membuat beby
merasa kesepian,hampa tanpa kasih sayang.

Ehhh,,,!!!
Keasikan bercerita smpai lupa ,kenalkan namaku sendiri “Ayu tiara rosmalina” skarang
aku kuliah di Universitas ternama di Cianjur, aku suka di panggil “Ayu ting-ting”
tapi bukan karena aku mirip sama Ayu ting-ting mungkin karena namaku sama
dengan ayu ting-ting dan kecintaan aku terhadap musik-musik dangdut. buat aku
dunia ini tidak asik kalo tidak ada irama dangdut, pokonya dangdut is my live. aku
mengidolakan Melinda karna dia cantik dan suaranya bagus, apalagi kalo mendengar
lagunya “cinta satu malam”udah deh tuh joged sampai pagi hehehe,,ya inilah aku,
walaupun aku dilahirkan dari orang tua yang tidak punya tapi aku bersyukur
kepada-Mu ya Allah karena engkau telah memberikan orang tua yang begitu
menyayangi hamba,terimakasih mamah, papa ,,kalian telah membesarkan aku dengan
penuh cinta,kasih sayangmu tidak akan tergantikan oleh apapun ,!!
Terimakasih,,.

i love
you mam

i love
you pah ,,,, aku berjanji akan menjadi anak yang kalian inginkan.

Waktu
smp kita punya selogan buat persahabatan kita ini, kita suka bilang “best
friend’ sambil menyatukan kelingking kita bedua,beb kamu sahabatku yang tidak
akan tergantikan oleh sahabat-sahabat yang lain,kita “best friend porefer”
meskipun kamu telah tiada aku akan selalu berdo’a semoga kamu tenang dialam
sana,yaaa beby sudah tiada dia terlebih dahulu di panggil oleh Allah,tuhan jaga
sahabat aku jangan samapai dia sedih lagi aku menyayangi sahabat aku itu.

 Beby meninggal tiga hari yang lalu di rumah
sakit Bakti Medhika karena penyakit Hiv/Aids yang di deritanya beby
meninggalkan aku untuk selama-lamanya pergaulan yang salah telah menyebabkan
hiv/aids bersarang ditubuh beby , ini semua gara-gara orang tuanya yang tidak
pernah memperhatikan dan memperdulikan beby, sehingga beby kesal, frustasi, segala
hal dia coba hanya semata-mata untuk medapatkan perhatian dari orang tuanya,
itu semua hanya berawal dari coba-coba, meskipun aku sudah menasehatinya tapi beby
tidak mau mendengarkan apa yang aku katakan ,nasi sudah jadi bubur semuanya
sia-sia belaka beby sudah menjadi pecandu, bercerita soal kisah sahabtku aku
jadi  teringat kembali pada masa-masa
terakhir aku sama beby.

 

 

Minggu
pagi itu, sekitar 1 tahun yang lalu.aku sedang membantu ibuku di warung kecil
kami, ibuku berjualan sembako untuk menyambung hidup keluarga dan ayahku
bekerja sebagai supir angkot, pagi-pagi sekali beby datang kerumahku dengan
mobil ferrary nya membunyikan klakson mobilnya.

Tiiiiiiiiiiiiiddtttt……tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitdhh
…!!!

Aku kaget
setengah mati karena aku sedang melamun di teras rumah,dan sialnya si beby
malah ketawa-ketiwi,

“lagi apa
lo bengong awas lo nanti kesambet ,iiiiiihhhh atut “

“ ah lo
bisa aja ‘

Seketika
aku melihat wajah beby terlihat seperti habis nangis

“Eeh beb
kamu kenapa ? habis nangis ya ?”

‘Ngga
siapa yang nangis ??”

Tapi
tiba-tiba beby memeluk erat tubuhku sambil menangis, aku mencoba menenangkannya

“ beb ada
apa ? cerita dong jangan gini ada masalah apa ?”

“orang
tua gw yu, gw pusing rasanya gw pengen mengakhiri segalanya “

“suuuuttthh
!!!!! gak boleh ngomong gitu ah pamali “ sambil mengelus-ngelus pundaknya
‘jangan bilang gitu lagi ya beb gw gak mau kehilangan lo “lo jangan lemah gini
dong kamu harus tegar semua akan baik-baik saja, masih banyak ko yang sayang
sama kamu.

“yu
nyokap bokap gw selalu bertengkar,aku pusing,stres dengernya juga sesekali
nyokap bokap gw ada di rumah mereka selalu bertengkar tanpa memperdulikan gw
‘!!

“ya sabar
ya beb mungkin ini cobaan dari allah 
buat lo “

beby
tersenyum “makasih ya ayu kamu memang sahabatku yang paling baik” sambil
menunjukan jari kelingkingnya dan mengucapkan selogan persahabatan kami “best
frend”.

“nah gitu
dong kan cantik ,haaaaaa ….!!!’

“ah lo
bisa aja,!!! Eh lo kan lum cerita tadi kenapa lo bengong kaya ayam mau mati, ngelamunin
apa sih ???

“sialan
gw dipanggil ayam ,!! Aku menghela napas panjang “heeeemmm ,, biasa lah yu gw
mikirin uang buat bayar semeter, lo tau kan gimana keluarga gw,gw mau nyari
kerja beb ,lo ada kerjaan gak buat gw ‘????

“ngapain
lo kerja ??? udah lo gak usah pusig gitu nanti gw bayarin ,ok ????

“apaaaahhhh
di bayarin ??? gak ! gak ! ,gak  ah gw
gak mau ,gw gak mau ngerepotin lo .”

“ aduhh
bu, lo kaya yang baru kenal gw aja, udah lo jangan nolak permintaan gw ntar gw
marah nih “

Aku tidak
bisa nolak lagi karna aku memamng butuh sekali “ok gw terima tawaran lo tapi gw
minjem ya nanti gw bayar ,ok ??!”

“ya
terserah lo aja deh ,tapi sekarng lo anterin gw ya “???

‘kemana beb
??”’

“Udah lo
mandi, ganti baju kita berangkat nanti telat lagi,biar gw yang jagain dulu
warung lo ,,,sana mandi !!’

Kemudian
akau bergegas untuk mandi dan mencari baju yang paling bagus diantara baju-baju
lamaku, setelah beres semuanya aku keluar menghapiri beby tapi gak tau kenapa
si beby ketawa-ketawa lihat gaya aku.

“lo kenapa
beb ??”

“Gak,,,”sebentar
ya gw ke mobil dlu,sebentar yaaa…..!!!”

Tidak
lama kemudian beby membawa baju lengkap dengan high hill nya,

“nih yu
pake bajunya ,aku dah siapin untuk kamu “

Aku
keheranan “‘memang kita mau kemana sih sampe-sampe lo bawain baju buat gw ?”?

“udah gak
usah bawel ,sana ganti baju lo “

 Karena gaya berpakaian aku tomboy, aku gak
nyaman dengan baju dress  apalagi
ditambah dengan high hill makin gak karuan deh, tapi apa mau dikata semuanya
demi beby sahabtku, dia bela-belain bawain baju buat gw, tapi lagi-lagi si beby
ngetawain gw, serba salah deh ..

“Ada apa
lgi sih beb ???’

“tau gak ! lo
canttttiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikkkk banget pake baju itu ,maknnya kali-kali lo
dandan biar ada cowok  yang suka sama
kamu ,,haaaaa,”

Aku
ketawa sambil nyubit-nyubit pipinya beby “ ah lo bisa aja ,gw bukannya gak ada
yang suka sama gw cumaa ya buat apa ngurusin pacar gak penting brooww “

          Kita tertawa terbahak-bahak
hahahahahaaa…selesai bersiap-siap aku menutup warungku terlebih dahulu
soalnya ibu lagi kerja sebagai tukang masak di tetangga yang kebetulan lagi
mengadakan hajatan. kami bergegas menuju mobilnya beby, dalam hati aku
bertanya-tanya “sebenarnya kita mau kemana sih beb“ tapi beby selalu menjawab ”liat
saja  nanti “ aku menghela napas
“heeeemmmhh “ beby,beby !! di tengah perjalanan beby memutar musik kesukaan
aku.

“tau aja
lo beb gw suka melinda “

“ya dong
kan di sebelah aku ada tuan putri ayu ting-ting “ haaa

Lagi-lagi
beby mengejekku “aku naikin lagi volumenya soalnya gak asik banget kalo mutar
musik pelan-pelan, sambil joged-joged kita menikmati alunan nada-nadanya.

          Satu jam berlalu akhirnya kita sampe
juga di tempat tujuan dan “amazing” indah sekali ternyata aku di minta
nganterin ke pesta ulang tahun temen SD nya beby, rumahnya gede banget kaya
istana presiden, untung saja beby bawain baju buat gw jadi gak malu-maluin deh.
aku tidak nyangka pestanya sangat meriah sekali.kita pun bergegas ke  ruangan pesta.

“selamat
ulang tahun ya ga “

“sama-sama
beb !

          Disitu aku merasa minder melihat
rangga soalnya ganteng banget baru kali ini aku lihat temen si beby yang
gantegnya buat aku geregetan, tapi aku tidak mau berkhayal tingkat tinggi aku
sadar diri siapa diri gw, kemudian beby memba waku ke belakang untuk duduk dan
mengambil minuman,

“beb ini
kan mengandung alkohol gak ada minuman yang lain apah ??”

‘Aduuuuhh
ayuu ini kan pesta mana mungkin ada air mineral,tapi kalo lo mau air mineral lo
minta aja sama pelayan nya “!!!

          Malam smakin larut, Waktu sudah
menunjukan jam 10 malam, dan kita pun bergegas untuk pulang kerumah, beby
meminta aku untuk memabawa mobilnya karena beby sudah pusing-pusing kebanyakan
minum untungnya aku pernah belajar nyetir sama si babeh, dengan hati-hati dan
bersikap tenang aku secepat mungkin membawa beby pulang kerumahnya karena takut
beby kenapa-kenapa, di depan rumah beby mang ujang sudah stand bay untuk
membukakan pintu pagar rumah.

“mang
ujang bantuin aku bawa beby kekamarnya ya “??

“baik non

          Kami membawa beby ke kamarnya, sambil
menarik napas dalam-dalam ku rebakan tubuhku di atas kasur dekat dengan beby karena
aku kelelahan samapai-sampai ketiduran dengan sangat pulasnya.

“Kriiiiiinnnngg,,,kriiiinngg”
tiba-tiba hp ku bunyi aku kaget bukan main ternyata sudah siang ibuku menelpon
terus tanpa aku sadari panggilan di ponselku sudah 22 panggilan gara-gara
ketiduran malam tadi aku sampai-sampai lupa pulang dan segera mungkin aku telpon
balik ibuku untuk memberikan kabar kepadanya.

“haloooo…
bu !? maaf ya malam ayu kecapean tidur di rumahnya beby .”

“ ibu
ituh takut nak,takut kamu kenapa-kenpa ,syukur deh kalo tidak kenapa-kenapa mah
,,”

          Selesai aku nelpon aku bergegas
membangunkan beby tapi beby hanya menjawab “heeeemmmmmmm” sambil menarik
selimutnya, aku terkejut melihat sesuatu di atas mejanya beby yaitu sebungkus
roko aku tidak tau itu roko beby atau bukan karena setau aku beby gak pernah
meroko dan aneh nya kenapa banyak jarum suntik aku gak tau untuk apa. lebih
baik aku tanyain nanti kalo beby sudah bangun, aku bergegas untuk segera mandi
supaya freesh. seberesnya aku mandi ternyata beby sudah bangun aku tidak nyangka
sama sekali dia sedang asyik meroko.

“beb lo ngapain
?????””

Ouuppss
sory,soryy !!!  beby segera mematikan
rokonya.

“Beb kenapa
kamu jadi gini sih ????”

“sudahlah
yu gak usah ikut campur ini sudah jalanku meskipun aku mati juga nyokap bokap
gw gak akan mau peduli “

Aku
sesegra memeluk beby”bebbbbyyyyyy “

“Ya udah
sekarang lo mandi sana biar seger lihat tuh muka kamu assssseemmm “

          Sementara beby sedang mandi tidak
sengaja aku  melihat di tas beby ada
narkoba dan jarum suntik aku terkejut setengah mati ternyata temanku beby
pecandu narkoba pantes aja selama ini aku perhatikan beby semakin aneh dan  terlihat agak  kurus sekai, tidak lama kemudian beby keluar
dengan memakai handuk.

“beb ini
apah????””

Dengan
serentak beby mengambilnya “ dari mana lo dapat barang ini “

Aku
memeluk beby dengan erat-erat “beby kenapa kamu jadi begini ????,”

          Sambil menagis pilu beby menceritakan
semuanya dari mulai pertama dia menkonsumsi obat-obat terlarlarang,roko,minuman
samapai pernah melakukan hubungan sex, beby hanya mencoba-coba tapi ternyata
itu semua menjadi ketergantungan

“beb lo
harus bisa menghentikan semua ini sebelum terlambat “

“percuma
beb semuanya sudah terlambat aku sudah menjadi pecandu”

“beeebbbyyyyyy
“’ kamu pasti bisa beb !!!

          Disitu aku sudah tidak bisa
berkomentar apapun aku sedih melihat beby ternyata seorang beby yang
anggun,baik,pintar,bisa melakukan ini semua.aku mencoba untuk menasehati dan
menenangkan beby supaya dia bisa berfikir sehat lagi,buat aku beby bukan
sekedar sahabat aku sudah menganggapnya sebagai adik aku sendiri.

Setelah
beby merasa tenang aku segera pulang dianterin sama supirnya beby “ ayu maap ya
gw gak bisa nganterin lo “???

“Gak papa
beby kan ada mang ujang yang ngntaerin,kamu istirhat aja, sampai ketemu besok
ya ????”

          ***** ****

          Dengan bersyukur kepadaMU ya ALLAH akhirnya
aku bisa bangun pagi dan  melihat cuaca  yang indah ini burung berkicauan dan angin
yang begitu sejuk. Seperti biasa setiap pagi aku pergi ke kampus,waktu sudah
menunjukan pukul 08.00 aku segera bergegas pergi ke kampus dengan mengayuh
speda pemberian ayahku sejak sma. aku dan beby satu universitas tapi kami beda
jurusan beby masuk jurusan sastra dan aku ekonomi akuntan, aku masuk ke universitas
dengan beasiswa jadi aku harus menunjukan prestasiku dengan bagus, aku harus
mempertanggung jawabkan semuanya. dengan mengayuh speda didalam hati aku
berniat semoga apa yang aku lakukan dan kukerjakan bisa bermanfaat untuk semua
orang terutama orang tuaku. aku ingin sekali bisa merubah nasib keluarga aku
supaya menjadi lebih baik,amiieennn !!!.

          Satu jam beralu akhinya aku sampai
juga di kampus aku segera pergi ke kelas karna sudah hampir kesiangan, aku
memilih duduk di deretan paling depan. lagi asik-asik duduk aku di kejutkan
dengan sms masuk di ponselku, dan ternyata yang sms adalah beby.

“ayu aku
tunggu di kantin belakang ya, gak tau kenapa aku ingin bertemu sama kamu“
itulah pesan dari beby,setelah beres kuliah aku segera bergegas untuk menemui
beby yang sudah lama menungguku sejak dari tadi.

“beb sory
ya lama nunggu,”

Dengan
nada lembut beby menjawab “Gak papa ayu “

Aku kaget
melihat beby dengan badan yang kurus dan pucat “beb lo knapa, kamu kurusan
sekarang,?kamu sakit ??

“iiichhhh
lebay deh,aku gak papa yu !! buktinya aku bisa ke kampus dan bertemu kamu
,ada-ada aja “

          Disitu aku merasa khawatir sekali
meskipun beby bilang tidak kenapa-kenpa tapi aku bisa melihat rona wajahnya
yang begitu pucat tidak seperti biasanya, tidak lama kita bercerita tiba-tiba
beby pingsan  aku kaget karena ini bukan
yang pertama kalinya dia pingsan, aku takut beby kenpa-kenapa Aku secepat
mungin membawa beby kerumah sakit. Setibanya di rumah sakit aku
berteriak-teriakmeminta pertolongan tim medis .

          Setelah 1 jam menunggu DR memeriksa, akhirnya
DR keluar dengan muka cemas dan menanyakn orang tuanya beby.

“dok beby
tidak apa_apa kan ???”

Heeeemmmmmmmmm”
kamu yang sabar ya, beby mengidap hiv/aids,kamu kabarin orang tuanya ya,kasian
dia butuh dukungan dari keluarganya “

Rasanya
jantung aku mau copot setelah  mendengar
perkataan DR yang memponis penyakit beby, Aku segera  mengambil handphone dari tas untuk mengabari
orang tuanya, tapi tidak di angkat,aku kebingungan tidak tau harus bagaimana
sementara beby masih tidak sadarkan diri. Tiba-tiba otak aku memberikan
stimulus  untuk secepat mungkin pergi menemui
mamhnya beby.

          Dengan tergesa-gesa aku mengemudi
menuju butik, gak lama setengah jam akhirnya aku sampai di tempat butiknya
tante rima, aku buru-buru turun dan masuk ke dalam butik dan berteriak-teriak
memanggil  “ tante rimaaaa “ kemudian
tante rima datang menghampiri aku.

“kenapa
kamu nangis ayu ? mana beby ? tumben ke butik ibu, ada apa ??”

“beee,,,bbyyyy
tnteeee “

Ya beby
kenapa ayuu ????””

“Bebyyy
sakit tante ,beby terkena hiv sekarang dia di rumah sakit “

“apaaaaaa
?????? kamu tenang ayu jangan ngawur kalo ngomong masa beby terkena penyakit
seperti itu .???”””

“udah
tante aku ceritakan nanti di mobil sekarang kita pergi ke RS kasian beby
sendiri  “

          Aku dan tante pergi ke Rumah sakit kemudian
tante rima menelpon suaminya yang sedang di singapore. aku menceritakan semua
yang terjadi kenapa sampai beby seperti itu.tante rima menangis dengan
tersedat-sedat merasakan penyesalan karena telah menyia-nyiakan anak
satu-satunya itu.tapi semuanya sudah terlambat virus hiv sudah menyerang sistem
imunnya sehingga beby terbaring lemah tidak berdaya. Tidak lama kita
berinacang-bincang kita pun sampai di RS,tante rima lari-lari sambil
menangis,ingin segera melihat anak nya yang berbaring lemah.tante rima
menghampiri beby yang sudah tidak sadarkan diri

“beby
maafin mamah sayag ?”maafin mamah ,,

“beb
mamah mu sudah datang tuh buka dong mata kamu sebentar lagi ayah mu akan datang
kesini,kamu harus sadar beb !

          Tidak lama kemudian beby sadar
“ma…………….mmm…aaa..hhhhh “ lalu beby menoleh ke arahku “ a,,yuuuuuu
.kamu masih disini !!!!

“ia beb
syukur kamu sudah sadar “

          Bebrapa jam kemudian ayahnya beby
datang

“beby ini
ayah sayang”

Beby
menangis haru melihat kedua orangtuanya ada di dekatnya “mah pah aku bahagia
klian bisa ada disini tapi kenapa harus aku sakit dlu “???? Kenapa mah ? padahal
aku ingin sekali kita bisa brsama-sama kaya gini setiap hari.”

“ia
beby sayang kita pasti bisa menjadi keluarga yang bahagia,kamu harus sembuh
ya,kamu harus kuat !!!”

Beby
tersenyum bahgia ……

     Hari
brganti hari keadaan beby semakin memburuk, badannya nyaris tak ada daging
hanya tulang dan kulit yang tersisa, sebelum ke kampus aku berniat unuk pergi
ke RS untuk menjenguk beby, sebelum berangkat aku membeli buah kesukaan beby
yaitu anggur hijau, dijalan aku merasa gelisah saat menginjakan kaki di RS, aku
melangkah tergesa-gesa hingga sampai di ruangan ICU aku melihat tante rima sedang
melihat beby dari luar karena sedang di periksa oleh dr,aku menghampiri tante
rima.dan setelah dr seleai memeriksa beby kami masuk kedalam ruangan dengan
menggunakan masker dan jas,degan perlahan kami mendekati beby

“Beb
apa kabarnya kamu ?? ini gw ayu ,,,,

Dengan
tersenyum manis dan berkata  “best
friend”

Lalu
beby menoleh ke arah orang tuanya “mah pah makasih ya sudah nemenin beby di
rumah sakit,beby sudah cape mah !!!

Setelah
itu beby kembali memejamkan matanya. Tapi, bukan tidur. Beby memejamkan mata
untuk selamanya
.

Menyaksikan
hal itu, aku semakin tidak mampu membendung air mataku. Begitu juga dengan
kedua orang tua beby . Mereka menangis begitu histeris. Sekejap ruangan itu
berubah menjadi lautan air mata.

Sedih
rasanya bila aku ingat masa-masa saat beby meninggal “kamu adalah sahabat yang
paling baik semoga kamu tenang ya beb “

 Heni S1 Keperawatan TKT 2

-THE END-

                                                             

2.  KEPEDIHAN VIRUS AIDS

 

Meratap
kepedihan di tengah perjalanan usia
Tak menahu kenapa tidak terjadi pada semua
Menahan keluh setiap saat

Gemerlap kelam

uforia Hangat dekap kaum-kaum hina

Temani gelora birahi yang Liar seperti binatang.

Tanpa norma, tanpa malu atau tabu dalam perputaran ronde tiap malamnya

Yang kini hanya menjadi sesal

Sesal menyelimuti setiap detakan waktu
yang kulangkahi

 

meneropong melihat mata ini
terlihat kengerian dalam sel ini
Seperti mereka berjalan melalui pembuluh darah ini
membuat sejuta mata memandang  di
belakang mata ku dan lari dariku

 

kepedihan virus AIDS

Gemetar,berkeringat dan sekarat
melemahkanku, tanpa daya

Sendirian dalam gelap yang mengalir
dalam darahku

 

Karena hidup bersemayam menyatu
dengan mala yang tak kunjung sirna
Dia mengerti bahkan memahami
Tuhan adalah adil

Meski Ikhlas tidak semudah
mengucapkannya

 

 

 

 

 

 

                                                                                      Imas
Siti Masitoh

                                                                                      NIM:
4002080002

JUARA PUISI DAN CERPEN HARI AIDS SEDUNIA 2011 KEMAHASISWAAN STIKES DHB

Biografi Penulis

Achmad "Midas" Mundayat

Achmad "Midas" Mundayat

NIP
:
2.09.01.015
email
:
zibril_ahmed@yahoo.com

Berikan Komentar