IGI PRESENT : PELATIHAN PENGURUSAN JENAZAH

IGI PRESENT : PELATIHAN PENGURUSAN JENAZAH

IGI PRESENT : PELATIHAN PENGURUSAN JENAZAH

Bertempat di Mesjid Al Barokah, UKM IGI BEM KM STIKes Dharma Husada Bandung bekerja sama dengan DKM Mesjid Al Barokah mengadakan pelatihan pemulasaraan jenazah, yang dilaksanakan pada hari minggu, 24 Maret 2013 mulai pukul 08.00 sd. 13.00 WIB. Kegiatan pelatihan langsung dipimpin oleh Pembina UKM IGI Ustd. H. Solihat, M.Pd.I.

Menyimak Pemaparan Materi

Menyimak Pemaparan Materi

Kegiatan dimulai dengan pengantar tentang status hukum pemulasaraan jenazah bagi umat muslim, serta berbagai hukum syariat yang menyertainya, kegiatan sendiri dilaksanakan dalam dua sesi yaitu persentasi dan dilanjutkan dengan praktek pengurusan jenazah mulai dari memandikan, men shalat kan sampai menguburkan.

Peserta yang terdiri dari anggota IGI, pengurus DKM beserta masyarakat sekitar masjid Al Barokah mengikuti acara dengan seksama dan sangat serius, mengingat kegiatan ini sangat penting di kalangan umat muslim. Sesekali peserta menanyakan berbagai hukum dan adat kebiasaan yang biasa dilakukan oleh masyarakat pada umumnya ketika mengurus jenazah, mulai dari berbagai doa yang biasa dilantunkan sampai tata cara yang memang benar-benar sesuai dengan tuntunan Al Quran dan Assunah. Pemateri Ustd.H.Solihat, M.Pd.I dengan sangat seksama dan detail menjelaskan dengan sangat terperinci sesuai dengan landasan Al Quran dan Assunah tentang semua pertanyaan para peserta.

Kegiatan sendiri berlangsung serius namun santai, bahkan tidak jarang di selingi candaan untuk sekedar mencairkan suasana agar tidak kaku, tidak heran kegiatan berlangsung sangat khidmat namun tetap santai.

Praktek Membungkus Jenazah

Praktek Membungkus Jenazah

Ditemui setelah kegiatan berlangsung, Jajaran pengurus IGI menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan pemulasaran jenazah ini merupakan untuk yang pertama kalinya disponsori oleh IGI, dan memang ini sangat relevan bagi program kerja, sehingga pada kesempatan yang sama  ketua IGI yang hadir pada kesempatan tersebut bertekad untuk menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu program kerja wajib yang harus dilaksanakan UKM IGI setiap tahunnya, dan bahkan tidak hanya untuk internal anggota IGI namun juga untuk semua kalangan yang memang membutuhkan.

 

IGI PRESENT : PELATIHAN PENGURUSAN JENAZAH

Biografi Penulis

Achmad "Midas" Mundayat

Achmad "Midas" Mundayat

NIP
:
2.09.01.015
email
:
zibril_ahmed@yahoo.com

Berikan Komentar